Kekurangan Vitamin B12 akibatkan Sensasi Tangan Kesemutan

JAKARTA, Beritaduasatu.COM– Kadar vitamin B12 dalam tubuh yang menurun signifikan membuat jalur metabolisme yang menghasilkan mielin, yakni lapisan pelindung yang mengelilingi saraf, menjadi terganggu.

Dari proses metabolisme yang menghasilkan ini dan mielin adalah zat lemak yang menawarkan perlindungan dan isolasi untuk saraf dalam tubuh. Jika pelindung yang mengelilingi saraf ini tidak ada karena tubuh kekurangan vitamin B12, seseorang akan mengalami sensasi ketidaknyamanan.

Karena kerusakan saraf ini, seseorang bisa mengalami sensasi menusuk atau kesemutan di tangan yang disebut paresthesia. Gejala kekurangan vitamin ini biasanya bertepatan dengan tanda-tanda peringatan anemia.

Ketika tubuh kekurangan vitamin tersebut, perkembangan sel darah merah yang terganggu. Sel darah merah akan tumbuh lebih besar dan berbentuk oval, bukan bulat datar.

Deformitas seperti itu mempengaruhi jumlah hemoglobin yang dapat dibawa oleh setiap sel darah merah. Hemoglobin adalah zat yang membantu membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Gejala yang muncul

Bila kondisi ini terjadi, NHS mengatakan seseorang mungkin akan mengalami gejala berikut seperti melansir dari Express.

-Kelelahan yang luar biasa

-Kurang energi

-Parestesia

-Lidah sakit dan merah

-Ulkus mulut

-Kelemahan otot

-Penglihatan terganggu

-Masalah psikologis, seperti depresi dan kebingungan

-Masalah dengan memori, seperti pemahaman dan penilaian

Jika Anda mengira tubuh kekurangan vitamin ini, coba konsultasikan dengan dokter. Tes darah sederhana biasanya bisa mengidentifikasi tubuh Anda kekurangan nutrisi tertentu atau tidak.

Jika sensasi kesemutan di tangan Anda yang penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12 setelah melalui tes darah, itu mungkin oleh sistem saraf yang terpengaruh.

Komplikasi kesehatan ini berarti Anda juga berisiko mengalami masalah penglihatan, kehilangan ingatan, dan kesulitan berbicara atau berjalan. Mungkin tidak dapat mengubah masalah kesehatan seperti itu. Oleh karena itu penting untuk mewaspadai kondisi kesehatan Anda.

Penyebab Kekurangan Vitamin ini

Terkadang, pola makan yang kurang daging, ikan dan produk susu bisa menyebabkan kekurangan vitamin B12. Dalam hal ini, orang yang menjalani pola makan vegan sangat berisiko mengalami kekurangan vitamin tersebut. Dan terlebih bila mereka tidak mengonsumsi suplemen vitamin B12.

Selain pola makan, kondisi kesehatan yang mendasar juga bisa menyebabkan kekurangan vitamin B12. Contohnya adalah penyakit Crohn, yang merupakan kondisi jangka panjang di mana lapisan sistem pencernaan meradang.

Hal ini dapat menyebabkan masalah malabsorpsi akibat vitamin B12 yang tidak bisa bertahan di dalam tubuh. Penyakit celiac juga dapat menyebabkan masalah malabsorpsi, jadi konsultasikan dengan dokter.(One)

Sumber : suara{DOT}com

Response (1)

Comments are closed.